Rabu, 10 Mei 2017
Berlangganan

Cara Menjaga Komitmen Persatuan Kita Sebagai Bangsa Indonesia. Inilah Tipsnya!

Persatuan kesatuan kita seperti agak goyah ya nggak gaes semenjak politik pilkada membayangi perpecahan. Nah, kita tuh sebagai warga negara yang majemuk harus menjaga komitmen persatuan dan kesatuan. Kalau nggak kita ya siapa lagi coba. Lalu di bawah ini ada tips tentang bagaimana menjaga komitmen persatuan.

Komitmen persatuan merujuk dari Wikipedia kita harus mengontrol sikap. Wikipedia sebagai rujukan mendefinisikan terlebih dahulu apa itu sikap. Sikap berarti pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu. Jadi sikap itu merupakan perilaku seseorang terhadap sesuatu. Misalnya : “Rini selalu menyapa teman-temannya” ini merupakan contoh sikap.





Dan komitmen sendiri adalah perjanjian atau keterikatan dalam melakukan sesuatu. Jadi intinya komitmen itu seperti janji atau sesuatu yang harus kita lakukan karena kita sudah meniatinya. Contohnya “Rini berkomitmen untuk sopan dan tidak sombong kepada siapa saja” Sehingga Rini selalu ramah terhadap semua orang.

Kemudian dari dua definisi tadi digabungin menjadi komitmen persatuan. Jadi ini merupakan sebuah perjanjian atau keterikatan atau keharusan yang harus kita lakukan untuk menjaga persatuan dalam kehidupan.

Tips menjaga komitmen persatuan dapat dibaca tips berikut ini nih gaes:

1. Dengan memperbanyak kegiatan yang memerlukan sikap persatuan misalnya kerja kelompok, gotong royong.
2. Menghargai perbedaan yang ada di sekitar tidak membedakan satu dengan lainnya.
3. Lebih belajar untuk bagaimana cara menjaga persatuan

Baca juga: 1. Maksud dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa Indonesia.


Yuk, kita jaga selalu persatuan dan kesatuan bangsa kita agar selalu adem ayem dan tenteram selalu. Semoga berbahagia gaes.