Rabu, 10 Mei 2017
Berlangganan

Beginilah Maksud Dari Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan Pemersatu Negara Kita

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika sudah disematkan di semboyan wajib Indonesia kan. Nah, kamu sudah tahu belum makna itu? Yuk ulas di sini secara lengkap bagaimana definisi dari bhinneka tunggal ika baik dari pengertian dan bagaimana kita menerapkannya di kehidupan bermasyarakat kita.

Menurut wikipedia, Bhinneka Tunggal Ika merupakan sebuah frasa dari jawa kuno yang diartikan menjadi “Berbeda-Beda tapi tetap satu“. Nah jika kita melihat arti dari per-katanya maka akan menghasilkan pengertian yang maksudnya sama dengan diatas, yaitu Bhinneka yang berarti “Beraneka Ragam” atau berbeda-beda, Tunggal berarti “satu” dan Ika berarti “itu“.



Jadi makna dari Bhinneka Tunggal Ika ini menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Konsep Bhinneka Tunggal sendiri sudah ada sejak jaman kerajaan dulu loh. Jadi tuh sebelum negara kesatuan kita didirikan, semboyan ini sudah mendarahdaging. Ada sajak yang menggunakan semboyan itu. Sajak tentang bhinneka tunggal ika bisa kamu resapi di bawah ini.

Rwāneka dhātu winuwus Buddha Wiswa,
Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen,
Mangka ng Jinatwa kalawan Śiwatatwa tunggal,
Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa.

Terjemahan:

Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang berbeda.
Mereka memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali?
Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal
Terpecah belahlah itu, tetapi satu jugalah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

Nah, sudah paham kan sekarang? Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapin yah. Hidup rukun, saling tolong menolong dan saling menghormati antar sesama tentu lebih bisa bikin bahagia kan.